Berita : Di rumah saja | Teresia Ardilla Makdalena


Kamis 26 Maret 2020
Tahun 2020 adalah tahun yang sangat bersejarah di jagad raya,dimana manusia melawan virus yang sangat mematikan , virus ini bernama Coronavirus yang merupakan sekelompok virus yang menyebabkan penyakit pada mamalia dan burung. Pada manusia,virus corona menyebabkan infeksi saluran pernafasan Coronavirus berasal dari bahasa latin corona yang berarti “mahkota” atau “halo” yang mengacu pada penampilan karakteristik yang mengingatkan pada mahkota karena permukaannya ditutupi paku protein berbentuk klub ( Sumber dari Wikipedia) .
Wabah Covid-19 di deteksi di kota Wuhan Provinsi Hubei Tiongkok pada bulan desember 2019 dan ditetap sebagai Pedemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Proses penularan dari virus ini melewati bersin,lalu menyebar melewati akibat menyentuh permukaan benda yang terkotaminasi kemudian menyentuh wajah seseorang(sumber.wikipedia). Virus ini menyebar luas hampir sebagian negara terkena dampak dari buruknya virus ini ,angka kematian setiap negara meningkat pesat membuat orang khawatir dengan virus ini termasuk  Indonesia, pada 2 Maret 2020 Presiden RI Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus Corona akibat sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia (sumber dari kompas.com). 
Pada tanggal 14 Maret 2020 Pemerintah memutuskan status darurat Virus Corona sehingga kegiatan diluar diganti secara online lebih tepatnya berkerja,berinteraksi dan sekolah dilakukan di rumah saja, selama status darurat virus Corona belum dicabut oleh pemerintah kita dapat menjaga kesehatan dengan cara Social Distancing atau mengurangi kontak antar manusia untuk mengurangi penyebaran infeksi atau penyakit hindari pertemuan kelompok,konser,nonton bioskop ,event olahraga, arisan, reuni, memegang muka dengan tangan, berpergian keluar kota/negri.
Lebih waspada terhadap makan diluar rumah,delivery makanan/obat,belanja di supermarket,traveling,bertamu,menggunakan transpotasi publik . Lakukan kegiatan cuci tangan dengan sabun,gunakan hand sanitizer,berjarak dengan lawan bicara 1 meter,nonton streaming,aktivitas di dalam rumah,berkumpul dengan keluarga inti. Selama status darurat virus Corona jagalah diri,jaga kesehatan mulai hidup dengan pola yang sehat dan jangan lupa dirumah saja. (TAM)

Posting Komentar

0 Komentar